loader image
Everyone can come, be herself, feel better and comfortable. JOIN US NOW! Amaze Yourself!

KESALAHAN PEMULA DALAM BEROLAHRAGA

KESALAHAN PEMULA DALAM BEROLAHRAGA

tgl23juni21

3 Kesalahan Utama Berolahraga Yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

Kini, semakin banyak orang yang menyadari untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih baik dan sehat. Selain mulai memperbaiki pola dan jenis makanan yang dikonsumsi, kini berbagai jenis olahraga pun mulai digandrungi masyarakat. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat baik, karena dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi yang dilengkapi dengan olahraga secara rutin dan teratur, tubuh pun akan menjadi lebih bugar dan sehat.

Masalahnya, bukannya mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, para pemula justru seringkali mengalami cedera atau sakit ketika mulai berolahraga. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh beberapa kesalahan dalam melakukan olahraga tersebut. Apa saja kesalahan pemula dalam berolahraga? Simak ulasannya di bawah ini.

 

  1. Olahraga Terlalu Berlebihan

Saking semangatnya memperbaiki tubuh dan gaya hidup, banyak orang yang justru malah jadi kebablasan. Olahraga yang dilakukan pun tidak terkontrol dan berlebihan. Padahal, olahraga yang terlalu lama dan berlebihan, justru tidak baik untuk tubuh, khususnya bagi pemula.

Jangan sampai otot-otot terlalu diforsir, apalagi tanpa jeda waktu untuk itsirahat dan pemulihan. Jika otot terus mengalami kontraksi, tubuh pun akan mengalami cedera. Solusinya, jika kamu melakukan olahraga sendirian, cobalah olahraga dari mulai yang paling ringan dalam waktu yang singkat, lalu meningkat secara bertahap sedikit demi sedikit. Jangan lupa juga untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah olahraga, serta selalu memberi waktu tubuh untuk beristirahat untuk masa pemulihan.

Solusi lainnya yang lebih aman, kamu bisa bergabung bersama Curves Indonesia. Di sini, kamu akan melakukan olahraga menggunakan mesin hidrolik khusus wanita yang aman dalam waktu 30 menit saja. Selain itu, Curves juga memiliki stasiun pemulihan dan peregangan yang membuat tubuhmu tetap fleksibel dan terhindar dari cedera.

 

  1. Tidak Berpengalaman

Jika sekedar berjalan kaki, mungkin kamu memang tidak memerlukan pengalaman dan ilmu secara mendalam sepanjang kamu bisa mengetahui porsi latihanmu. Namun, hal itu berbeda dengan jenis olahraga khusus lainnya seperti latihan kardiovaskuler atau kekuatan otot di gym. Jika kamu mulai fitness tanpa pengalaman dan pengetahuan, tentu saja kamu rentan mengalami cedera dari mulai tingkat ringan hingga parah.

Nah, daripada mengawang-ngawang dan mengira-ngira sampai bingung sendiri karena tidak tahu harus mulai dari mana dan bagaimana caranya. Jika memulai jenis olahraga khusus, sebaiknya kamu didampingi oleh pelatih, minimal sampai kamu memahami seluk-beluk jenis olahraga yang akan kamu lakukan, dan alangkah lebih baik lagi jika selalu didampingi pelatih setiap kamu latihan.

Kabar baiknya, apabila kamu berolahraga di Curves Indonesia, kamu akan selalu didampingi coach professional. Coach ini akan menemanimu mulai dari sebelum memulai program, seperti konsultasi komposisi tubuh, kesehatan, serta goals mu; hingga mendampingi seluruh proses latihanmu. Dengan demikian, olahraga yang dilakukan pun aman, dan goals mu akan tercapai.

 

  1. Cepat Bosan dan Sering Menunda Olahraga

Kamu pernah gak sih merasa bosen berolahraga? Di awal-awal sih kamu semangat banget, tapi udah lewat seminggu, mulai muncul rasa bosan hingga akhirnya kamu menunda-nunda olahraga. Dengan begitu olahraga pun menjadi tidak rutin, bahkan bisa saja jadi benar-benar berhenti berolahraga. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut yakni bisa jadi karena kamu terlalu memaksakan dan memforsir latihan sejak awal, karena kegiatan olahraga terasa tidak seru, tempat olahraga yang tidak nyaman, atau karena target dan hasil latihanmu tidak jelas.

Dengan demikian, solusinya adalah cobalah untuk berolahraga secara bertahap, cari tempat olahraga yang seru, dan ajak temanmu untuk berolahraga bersama untuk memotivasi dan meningkatkan moodmu. Selain itu, ada baiknya kamu memperjelas targetmu, misalnya ingin bugar, ingin menaikkan atau menurunkan berat badan, mengurangi gejala penyakit tertentu, dan sebagainya.

Kabar baiknya, Curves menyediakan segala yang kamu perlukan, dari mulai menyediakan tempat yang bersih dan nyaman; mesin dan metode yang aman; waktu latihan lengkap yang singkat yakni hanya 30 menit saja; ada coach seru yang selalu mendampingi; ada teman-teman yang saling memotivasi; juga ada diskusi, konsultasi, dan pengecekan progress mengenai targetmu.

 

Yuk olahraga di Curves Indonesia. Untuk info harga, cara daftar, metode, program, dan informasi lainnya, silahkan kirim Nama+No HP+Klub Terdekat Pilihanmu ke Instagram Curves Indonesia.

Archives

×

Free Tour

Book your personal 30 minutes with us. Complete the form below and you will get the following: - Free Fitness Assessment and Body Analysis. - Free Trial of the Curves circuit Training.
Your fitness goals at Curves(Required)
Where have you seen Curves before?(Required)
GET FREE TOUR
Close