loader image
Everyone can come, be herself, feel better and comfortable. JOIN US NOW! Amaze Yourself!

Penyebab Serangan Jantung Yang Perlu Diketahui

Penyebab Serangan Jantung Yang Perlu Diketahui

Penyebab Serangan Jantung

Jantung selalu membutuhkan pasokan darah yang mengandung oksigen secara konstan. Jika jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, maka otot jantung bisa terganggu bahkan rusak. Maka dari itu, penyebab utama atau pemicu serangan jantung adalah penyakit jantung koroner, yakni kondisi tersumbatnya pembuluh darah pemasok darah ke jantung yang disebabkan timbunan kolesterol yang membentuk plak di dinding pembuluh darah. Itulah sebabnya kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Lalu, apa penyebab serangan jantung? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

Penyebab Serangan Jantung

Berikut ini merupakan beberapa penyebab seseorang berisiko mengalami serangan jantung:

 

  • Pola makan tidak sehat

Risiko penyakit jantung dapat meningkat karena pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula, garam, atau lemak jenuh yang tinggi.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti jenis makanan Anda. Misalnya jika Anda biasanya mendapatkan rasa manis dari gula, Anda bisa mulai menggantinya dengan madu atau rasa manis dari buah-buahan.

 

  • Obesitas, dan mengidap penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes

Seseorang dengan berat badan berlebih atau obesitas, serta orang dengan penyakit hipertensi dan diabeter lebih berisiko terserang penyakit jantung koroner. Obesitas membuat seseorang lebih berisiko terkena hipertensi dan diabetes. Kemudian, hipertensi atau tekanan darah membuat jantung harus bekerja lebih keras. Dan, diabetes menyebabkan dinding pembuluh darah menebal dan menghambat aliran darah. Penderita diabetes bahkan 2 kali lipat lebih berisiko terserang penyakit jantung koroner.

 

  • Memiliki kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol

Rokok adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Kandungan nikotin dan karbon monoksida dalam asap rokok dapat membebani kerja jantung, karena dapat memacu jantung bekerja lebih cepat, juga dapat  meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah, Selain itu, senyawa lain dalam rokok pun dapat merusak dinding arteri jantung serta mengakibatkan penyempitan. Maka dari itu, perokok berisiko terkena penyakit jantung lebih tinggi 25% dibanding bukan perokok.

Selain rokok, asupan yang berbahaya untuk jantung adalah alkohol. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat merusak otot jantung, serta memperburuk kondisi seseorang dengan faktor risiko penyakit jantung koroner, seperti hipertensi dan obesitas.

 

  • Memiliki tingkat stress yang tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dan jangka panjang,  dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner. Stress menyebabkan hormon sitokin dalam tubuh meningkat, dan tersebut dapat meningkatkan risiko rusaknya pembuluh darah dalam tubuh. Maka dari itu, jika Anda mengalami stress, itu artinya Anda berisiko terkena serangan jantung.

 

  • Kurang melakukan olahraga atau aktivitas fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Olahraga juga dapat membantu mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah, serta mencegah obesitas.

 

Miliki Gaya Hidup Sehat Bersama Curves Indonesia

Serangan jantung adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja di segala usia. Bahkan, jika tidak segera ditangani dengan tepat, penyakit ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi bahkan kematian. Maka dari itu, cara terbaik yang bisa dilakukan sejak dini adalah mengurangi berbagai faktor risiko yang dapat meningkatkan penyakit jantung seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Mulailah untuk memakan makanan sehat; jagalah berat badan agar tetap ideal; hindari rokok dan minuman beralkohol; kurangi faktor risiko penyebab penyakit diabetes dan hipertensi; jika anda memiliki penyakit diabetes dan hipertensi maka Anda harus segera menanganinya; dan juga harus menjaga emosi Anda serta menghindari stress. Selain itu, imbangi juga gaya hidup Anda dengan olahraga rutin.

Jantung adalah otot, Di Curves Anda akan mendapatkan latihan gabungan antara latihan kardio dan kekuatan, dan kedua latihan tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung.

Anda bisa bergabung dengan Curves Indonesia untuk mendapatkan program olahraga yang disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebutuhan Anda. Datanglah ke klub dan lakukanlah cek kebugaran serta konsultasi dengan coach Curves mengenai program latihan Anda.

Khusus bulan November, Anda berhak medapatkan DISKON 47% Service Fee, FREE gloves & cooling towel!!! Juga berkesempatan mendapatkan 1 bulan GRATIS senilai 2,6 JUTA RUPIAH untukmu dan temanmu! 

Archives

×

Free Tour

Book your personal 30 minutes with us. Complete the form below and you will get the following: - Free Fitness Assessment and Body Analysis. - Free Trial of the Curves circuit Training.
Your fitness goals at Curves(Required)
Where have you seen Curves before?(Required)
GET FREE TOUR
Close